
Kusan Hilir (MAN Tanbu) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanah Bumbu, Dra. Hj. Hikmah, MM, melaksanakan supervisi terhadap guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di lingkungan madrasah.
Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan efektivitas proses belajar mengajar serta memberikan pembinaan langsung kepada tenaga pendidik.
Supervisi kali ini difokuskan pada mata pelajaran Qur’an Hadits, dengan sasaran Guru Qur’an Hadits, Made Ali, S.Pd.I. Supervisi berlangsung di salah satu ruang kelas MAN Tanah Bumbu, di mana Hikmah, mengamati jalannya pembelajaran secara langsung serta memberikan masukan dan evaluasi terkait metode yang digunakan.
Dalam keterangannya, Dra. Hj. Hikmah, MM, menyampaikan bahwa supervisi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di madrasah.
“Kami ingin memastikan bahwa pembelajaran berlangsung secara optimal, dengan pendekatan yang sesuai agar peserta didik dapat memahami materi dengan baik,” ujarnya, Selasa (18/02/25).
Sementara itu, Made menyambut baik kegiatan supervisi ini. Ia mengungkapkan bahwa bimbingan langsung dari kepala madrasah sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pengajaran.
“Masukan yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik, terutama dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif,” tuturnya.
Selama supervisi, Hikmah memberikan beberapa catatan penting terkait strategi pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif, serta pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Qur’an Hadits. Ia juga mendorong guru untuk lebih aktif berinovasi dalam mengajar.
Kegiatan supervisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru untuk terus meningkatkan kompetensi mereka. Selain itu, hasil supervisi akan menjadi bahan evaluasi bagi pihak madrasah dalam merancang program peningkatan kualitas pembelajaran ke depan.
Dengan adanya supervisi berkala seperti ini, MAN Tanah Bumbu terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas, tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi tenaga pengajarnya. Hal ini sejalan dengan visi madrasah untuk mencetak generasi yang unggul dalam akademik maupun nilai-nilai keislaman.
Penulis: Ali
Foto: Habie
Redaktur: Reni