
Kusan Hilir (MTsN 2 Tanah Bumbu) – Guna memastikan dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar (PBM), Kepala MTsN 2 Tanah Bumbu, Ahyani, S.Pd.I., melaksanakan supervisi akademik terhadap guru-guru, Kamis (09/10/2025).
Kegiatan supervisi ini difokuskan pada guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Yuliatin. Supervisi yang dilakukan tidak hanya mengamati kemampuan guru dalam mengelola kelas, tetapi juga menilai kelengkapan administrasi pembelajaran yang menjadi penunjang profesionalitas seorang pendidik.
Pada kesempatan tersebut, Yuliatin dinilai saat menyampaikan materi tentang Dinasti Abbasiyah kepada peserta didik kelas 8A. Proses supervisi berjalan dengan lancar dan kondusif, dimana Ahyani mengamati secara langsung metode, media, dan strategi pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan tema sejarah peradaban Islam tersebut.
Usai melakukan pengamatan di dalam kelas, Ahyani kemudian melakukan pengecekan terhadap dokumen administrasi pembelajaran yang dimiliki oleh Yuliatin, seperti Modul Ajar, bahan ajar, dan instrumen penilaian.
“Supervisi ini merupakan bagian dari pembinaan berkelanjutan untuk memastikan bahwa proses pembelajaran di kelas berjalan secara efektif dan berkualitas. Ibu Yuliatin telah menunjukkan persiapan yang baik, baik dalam penyampaian materi maupun administrasinya. Tentu ada beberapa catatan konstruktif untuk perbaikan ke depan, yang telah kami diskusikan bersama,” ujar Ahyani usai kegiatan.
Sementara itu, Yuliatin menyambut positif kegiatan supervisi ini. Ia mengungkapkan bahwa umpan balik dari kepala madrasah sangat berharga untuk pengembangan kompetensinya sebagai tenaga pendidik.
“Supervisi seperti ini sangat membantu kami untuk melakukan refleksi dan perbaikan dalam mengajar. Saran dan masukan dari Bapak Kepala Madrasah menjadi bahan evaluasi saya pribadi untuk menjadi guru yang lebih baik lagi,” tutur Yuliatin.
Diharapkan dengan adanya supervisi yang berkelanjutan ini, kualitas pembelajaran di MTsN 2 Tanah Bumbu dapat terus meningkat, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada prestasi dan pemahaman keagamaan peserta didik.
Penulis: Nyo
Foto: Jannah
Redaktur: Reni