
Kusan Hilir (MTsN 1 Tanbu) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanah Bumbu (MTsN 1 Tanbu) melaksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM) yang dilaksanakan mulai tanggal 19-26 Februari 2024 bertempat di Laboratorium Komputer, Rabu (21/02/24).
Proktor ABM Noor Ahyani mengatakan ABM kali ini diperuntukkan untuk siswa-siswi kelas IX, kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesiapan dan kualitas pelaksanaan Asesmen.
”Pada hari pertama pelaksanaan terdapat kendala teknis dari pusat yang mengharuskan pelaksanaan asesmen di undur yang bermula jam 09.00 di geser ke jam 11.00, Alhamdulilah semua berjalan lancar meski anak-anak sedikit kebinggungan di awal namun semua bisa teratasi”, ujar Ahyani disela-sela mendampingi ABM.
Dalam kesempatan yang saya guru Bimbingan Konseling (BK) Asti Wulandari, S.Psi.I yang ikut mendampingi siswa menagtakan ABM merupakan tes yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu.
Hasil ABM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran.
”Asesmen ini penting sebagai sarana untuk mengevaluasi kemampuan siswa dan menemukan potensi kelemahan yang perlu diperbaiki serta memberikan informasi mengenai bakat dan minat peserta didik yang akan memperoleh gambaran bakat dan minat peserta didik berdasarkan hasil dari instrumen yang diujikan”, ujar Asti.
Asti menekankan pentingnya kegiatan ini dalam memetakan bakat dan minat siswa untuk mendukung keputusan mereka dalam melanjutkan pendidikan dan memahami kebutuhan mereka ke depan.
ABM merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang pelaksanaannya melibatkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.
”Hasil ABM nantinya akan disampaikan kepada peserta didik, madrasah dan orang tua sehingga bisa menjadi petunjuk untuk pengembangan diri setiap peserta didik sehingga preses pengembangan peserta didik akan lebih terarah dan terencana”, tutunya.
Adapun materi pada ABM meliputi Anologi, Pemahaman Bacaan, Deret, Perbandingan Kuantitatif, Tabel/Grafik, Analitis, Klasifikasi Figural, Analogi Figural, Rotasi 3D, Pola, Mekanikal, Melengkapi Kalimat, Akurasi, Kode Ingatan/Memory, Asesmen Bakat Minat dan Angket Siswa.
Penulis : Dyah
Foto : Dyah
Redaktur : Reni