
Satui (MTsN 3 Tanbu) – Bertekad siap untuk menyukseskan pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Ganjil, panitia pelaksanan menggelar rapat pendahuluan untuk menetukan langkah dan strategi dalam penyelenggaraan ASAS tahun ini.
Untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar lebih terarah dan terorganisir maka panitia pelaksana melakukan rapat untuk menyusun draf kegiatan sehingga tertata dan dapat dikontrol.
Menurut Ketua Panitia Pelaksana ASAS Ganjil Tahun Pelajaran 2025 Henita Silmi Khavata, S.Si, dalam rapat pendahuluan ini panitia akan menyusun draf kegiatan pelaksanaan.
“Supaya jangan tumpang tindih maka kita perlu lakukan penyusunan draf mulai dari persiapan perangkat, kartu peserta, denah ruangan, denah tempat duduk peserta, jadwal pengawas, jadwal pelaksanaan ASAS. Kemudian penentuan bentuk soal, jumlah soal, metode yan g dipakai dalam ujian, oenunjukkan tenaga operstor digital dan temrasuk batas pengumpulan ataupun penyetoran soal di Google Form oleh guru Mata Pelajaran,” kata Henita usai rapat di ruang Perpustakaan, Jum’at (17/10/2025).
ASAS adalah evaluasi yang dilakukan di akhir semester untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa terhadap materi yang telah dipelajari aelama satu semester. Hasil dari evaluasi ini akan digunakan untuk mengevaluasi pemahaman siswa, memberikan umpan balik kepada guru dann siswa serta menjadi dasar dalam penentuan nilai rapor.
Format kepanitiaan ASAS Ganjil Tahun Pelajaran 2025 / 2026 ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kalau tahun sebelumnya anggota kepaniutiaan hanya 4 orang. Dengan kondisi ini tentu akan meringankan beban kerja kepanitiaan dalam menyiapkan pelaksanaan ASAS yang akan diselenggarakan pada 24 November 2025 s.d 1 Desember 2025.
Penulis: Man
Foto: Yul
Redaktur: Reni